Selasa, 27 Maret 2012

PENGERTIAN PENDERITAAN


Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal daribahasa sansekerta artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dalam kehidupan manusia sering terjadi seiring berkembangnya kehidupan manusia tersebut. Semakin berkembangnya kehidupan manusia makan akan semakin kompleks juga penderitaan yang akan di hadapi manusia.


Penderitaan termasuk realitas manusia dan dunia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat semakin tinggi intensitas semakin berat juga penderitaan yang di alami oleh manusia tersebut. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit kembali bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.



Manusia lebih menyukai kenikmatan. Sedangkan penderitaan sangat di hindarkan, dalam suatu kehidupan manusia. Seseorang pasti akan merasakan penderitaan bagaimanapun jenis dan bentuknya. Contoh penderitaan fisik, bencana yang sedang di hadapin oleh orang tersebut, setra masalah yang sedang menimpa orang tersebut. Penderitaan terbagi menjadi 2 yaitu penderitaan yang bersifat lama dan penderitaan yang bersifat sementara. Penderitaan yang bersifat lama atau tidaknya tergantung oleh penyebab penderitaan tersebut. Contoh penderitaan yang bersifat lama. Kehilangan orang yang penting di dalam kehidupan seseorang. Sedangkan contoh penderitaan yang bersifat sementara adalah di kecewakanya oleh seseorang.


Penderitan dan kenikmatan manusia/seseorang dengan menyukai atau tidaknya sesuatu. Jika manusia tersebut suka makan ia akan menikmati apa yang sedang dia rasakan. Sedangkan jika dia tidak menyukai maka dia akan merasa menderita dengan apa yang ia rasakan. Penderitaan yang selalu di hadapi oleh manusia bermanfaat untuk menjadi bahan instropeksi diri masing-masing manusia. Selain menjadi bahan instropeksi dapat pula menjadi suatu pengalam seseorang untuk menjadi manusia yang lebih bijak. Penderitaan tidak selalu merugika untuk yang merasakan. Mental seseorang sangat berperan penting untuk menghadapi penderitan yang sedang di alami. Selain mental yang kuat peran orang sekitar manusia juga sangat berperan untuk menyelesaikan penderitaan dan juga memberikan dorangan motivasi serta jalan keluar untuk menyelesaikan penderitaan seseorang.


Sumber:
http://akiliblogspotc.blogspot.com/2011/11/pengertian-penderitaan.html




OPINI
Menurut saya penderitaan datang tidak hanya dari kehendak Tuhan yang Maha Esa tetapi juga datang dari diri sendiri dan orang lain. Contoh penderitaan yang datang dari Tuhan yaitu bencana alam atau segbagainya, penderitaan yang datang dari orang lain misalnya telah dikecewakan dalam hal apapun.


Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi makalah semakin kompleks juga penderitaan yang dapat menghampiri. Dinsini kata manusia sebagai makhluk sosial sangat berperan penting karena penderitaan yang istilahnya agak sulit tuk dilalui itu pasti akan membutuhkan bantuan orang lain.


Maka dari itulah kita harus terbuka kepada orang lain, janganlah memendam masalah hidup sendiri. Kita harus tetap berbagi baik itu kesenangan atau penderitaan. Banyak berbagai macam kasus penderitaan yang dialami dalam lika-liku kehidupan manusia, semua itu tergantung mental yang dimilki orang yang menderita, apakah mentalnya kuat atau tidak?


Penderitaan pfikis yang dialami manusia cara memulihkannya tergantung kekuatan mentel psikis dan batin seseorang bisa juga dengan bantuan para ahli salah satunya para psikolog. Sedangkan penderitan fisik menyembuhkannya dengan cara pengobatan medical atau yang lainnya


Dari kesimpulan di atas kita sebagai manusia yang beriman tidak boleh menjauh dari Allah SWT dan terus mendekatkan diri kepada-Nya, karena hanya pertolongan dari-Nya lah yang bisa membebaskan kamu dari penderitaan sebesar apapun baik di dunia maupun di akhirat, dan jangan lupa harus saling tolong menolong antar sesama makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar